Halaman

Kamis, 03 Juli 2014

Senam Hamil

Pengertian Senam Hamil

Pengertian Senam Hamil adalah senam yang merupakan suatu bentuk latihan untuk memperkuat dan juga mempertahankan kelenturan dari dinding perut, otot-otot dasar panggul yang nantinya akan mempermudah proses persalinan normal. Senam Hamil dilakukan dengan tujuan menjaga kondisi bagian tubuh yang berperan dalam proses persalinan sehingga diharapkan ibu hamil dapat melakukan persalinan secara fisiologis (Persalinan Normal).

Manfaat Senam Hamil

1.      Melatih pernafasan ibu hamil, agar memiliki pernafasan panjang agar kuat saat mengejan sehingga persalinan lancar
2.      Melatih jantung ibu hamil agar lebih kuat saat proses persalinan
3.      Melatih dan mempersiapkan otot panggul agar kuat dan lentur
4.      Membuat jalan lahir lebih siap, terutama saat terjadi peregangan saat persalinan
5.      Memperlancar aliran darah dari panggul sampai kaki sehingga dapat memperkecil kemungkinan terjadi kram pada kaki
6.      Agar tidak mudah terjadi kerobekan pada proses persalinan normal

Syarat Senam Hamil

Syarat sebelum melakukan senam hamil: Usia kehamilan di atas 22 minggu, Sudah berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan dari dokter/bidan, dan dilakukan di bawah instruktur senam hamil.
Hentikan kegiatan senam hamil, bila: timbul rasa nyeri, perdarahan, kontraksi sering, keluar cairan ketuban, nafas menjadi pendek, denyut jantung meningkat, pembengkakan tubuh dan aktivitas janin berkurang.
Terdapat juga larangan ibu hamil dapat melakukan senam hamil, yaitu jika menderita penyakit jantung, paru, riwayat perdarahan, kelainan letak plasenta dan kondisi preeklamsia atau tekanan darah tinggi selama kehamilan.
Maka memang sebaiknya sebelum melakukan senam hamil, ibu hamil harus berkonsultasi dahulu dengan dokter kandungan.


Sumber :
http://www.sahabatdetox.com/manfaat-senam-hamil-bagi-ibu-hamil-dan-janin-pada-proses-persalinan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar